Sunday 7 August 2011

Mari Sukseskan Program Wirausaha Baru

Kita perlu berbangga hati atas berbagai upaya yang telah Pemerintah lakukan untuk memperbaiki struktur ekonomi bangsa, yang tentunya didasarkan pada sistim ekonomi yang telah dibangun yaitu Ekonomi Kerakyatan. Membangun ekonomi bangsa dari rakyat adalah dengan menumbuhkan kemapuan berproduksi atau yang dikenal  berwirausaha. Disadari sungguh bahwa jika masyarakat telah mampu untuk menghasilkan  atau produktif  maka akan berpotensi menjadi penopang pembangunan nasional. Kementerian Koperasi dan UKM RI yang menjadi salah satu lembaga yang bertanggungjawab untuk hal ini telah menciptakan program-program yang menyentuh, salahsatunya adalah Penumbuhan Wirausaha Baru yang merupakan baian dari Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN). Diharapkan dengan kebijakan ini ankan muncul wirausaha-wirausaha baru yang tangguh dalam menopang ekonomi bangsa, melalui penciptaan lapangan kerja baru, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kualitas hidup mayarakat. Kementerian Koperasi dan UKM RI  pada tahun 2011 ini telah  mencanangkan satu program baru yaitu  " Program Sarjana Wirausaha Baru " yang bertujuan untuk mengajak para lulusan Perguruan tinggi  yang belum sempat mendapat lapangan pekerjaan untuk dapat madiri menjadi wirausaha sukses. Pemerinta akan menjembatani, mendorong dan memotifasi para lulusan Perguruan Tinggi ini untuk bisa berhasil dan mandiri dikemudian hari. Pemerinta Provinsi Maluku sangat menyambut positif kebijakan Pemerintah Pusat ini melalui berbagai kebijakan lanjutan di tingkat daerah. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku sebagai unsur Pemerintah Daerah yang bertanggungjawab Membina Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah Maluku, berupaya semaksimal mungkin agar pemberdayaan masyarakat ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah dirancangkan. Salahsatunya yang berpotensi adalah Penumbuhan Wirausaha Baru melalui Program Pengembangan Sarjana Wirausaha Baru.

Pada tanggal 11 Maret 2011, di Maluku telah dicanangkan  Program Pengembangan Sarjana Wirausaha Baru oleh Bapak Deputi Bidang Pengembangan dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI  mewakil Bapak Menteri Koperasi dan UKM RI, yang dilanjutkan dengan sosialisasi Program dimaksud kepada  527 orang  Sarjana.
Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan program Sarjana Wirausaha Baru dan memotivasi para lulusan perguruan tinggi di daerah Maluku untuk mandiri menjadi wirausaha yang tangguh.
Program ini juga bekerja sama dengan Bank Maluku sebagai salahsatu Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Maluku. Bank Maluku Menyeleksi calaon Sarjana Wirausaha baru yang dianggap layak untuk dibiayai. Untuk tahap awal ada 60 orang sarjana calon wirausaha baru yang telah diseleksi, namun sebelumnya mereka harus di latih dulu di UPTD balai Diklat Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, yang bertujuan untuk membentuk karakter dasar dalam mengembangkan usaha mereka kedepan.
                       Gubernur Maluku, Bapak Karel Alberd Ralahalu sementara membuka dengan Resmi 
                 Pelaksanaa Pendidikan dan Pelatihan    Kewirausahaan Bagi Sarjana Wirausaha Baru (Ambon 14 Juni 2011)

Dalam kesempatan yang sama juga, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Bapak DR. Ir. Romelus Far-Far, M.Si  menyampaikan sambutan/laporan sekaligus memberikan arahan dan motivasi bagi para sarjana wirausaha baru.


No comments:

Post a Comment