Wednesday 9 November 2011

KARAKTERISTIK WIRAUSAHA


 Karakteristik Wirausaha, adalah ciri atau sifat tertentu yang khas dari seorang wirausahawan, dan membedakan dari seorang bukan wirausahawan. Karakteristik umum yang melekat pada diri wirausahawan , meliputi : kemampuan mengambil keputusan, kemampuan berfikir positif, kamampuan manejerial dan kemampuan berkomunikasi.

Dari pandangan beberapa ahli, dapat diuraikan beberapa karakteristik  Wirausaha :

1.         Percaya Diri
Ciri dari orang yang percaya diri adalah penuh optimis, penuh keyakinan, individualitas, tidak tergantung pada pihak lain, tidak ragu-ragu, bergairah, sungguh-sungguh, penuh komitmen dan terlibat langsung dalam kegiatan konkrit.

2.         Berorientasi tugas dan hasil
Ciri Wirausaha yang berorientasi tugas dan hasil, meliputi; kebutuhan akan prestasi, orientasi manfaat, kerja keras, memiliki dorongan kuat, enerjik dan inisyatif, selalu berusaha memperbaiki prestasi, menggunakan umpan balik, dan berupaya agar hasil kerjanya selalu lebih baik dari hari kemarin.

3.         Pengambilan Resiko
Cirinya adalah ; suka pada tantangan, dan mengambil resiko moderat, tidak khawatir menghadapi situasi yang tidak pasti, tidak takut gagal, dan selalu membuat perhitungan yang cermat untuk mengantisipasi kegagalan.

4.         Kepemimpinan
Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain, berterima kasih pada kritik, karena kritik akan memunculkan ide-ide konstruktif, selalu bersikap positif.

5.         Keorisinilan
Cirinya; inovatif, kreatif, fleksibel, punya banyak sumber, seba bisa dan mengetahui banyak.

6.         Berorientasi kemasa depan
Cirinya; pandangan kedepan, perspektif, focus,unik, terkadang aneh, tidak biasa dan selalu tanggap terhadap peluang dan kesempatan berusaha maupun yang berkaitan dengan perbaikan kinerja.

7.         Tingka laku luwes dalam bergaul
Untuk memperluas jangkauannya, dia selalu bergaul dengan siapa saja, membina kenalan-kenalannya, mencari kenalan baru dan berusaha menyesuaikan diri dalam berbagai situasi.

8.         Tingka laku mandiri
Keberhasilan atau kegagalan dikaitkan dengan tindakan-tindakan pribadinya, serta mnyukai kebebasan dalam mengambil keputusan untuk bertindak dan tidak mau bergantung pada orang lain.

9.         Tingka laku inovatif
Selalu mencari cara-cara baru untuk memperbaiki kinerja dengan selalu membuka diri terhadap segala gagasan, penemuan baru, dan tidak terpaku pada masa lampau.

10.     Sikap dinamis dan produktif
Selalu berfikir tentang nilai tambah, melihat data, informasi dan fakta. Memiliki kecerdasan tentang uang dan waktu; mampu mengatur waktu dan uang, bukan sebaliknya diperbudak oleh waktu dan uang.

11.     Pembelajar seumur hidup
Belajar dari kegagalan dan kesuksesan diri sendiri maupun orang lain. Sukses adalah akumulasi kesimpulan dari penyikapan kegagalan demi kegagalan, focus pada dua arah yaitu apa yang anda lakukan dan apa yang dilakukan orang lain, senantiasa mempengaruhi ide pribadinya.

12.     Memberikan banyak alternative solusi
Memiliki variasi jawaban, bicara tentang uang tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi bisa sebagai upah , gaji, investasi, modal, dan aneka bentuk yang berkaitan dengan aktifitas usaha.

No comments:

Post a Comment