Beberapa hal dibawah ini adalah konsep sederhana proses atau langkah-langkah pemasaran dari suatu produk barang atau jasa, yang dapat saya sampaikan sebagai bahan referensi tambahan ketika teman atau kerabat ingin merencanakan suatu bisnis atau usaha. Konsep ini biasa saja namun sangat mendasar bagi seorang wirausaha.
1. Menentukan nilai pasar wajar dari bisnis atau pruduk yang kita hasilkan, sehingga akan mendapatkan nilai pasar wajar dari produk yang kita hasilkan
2. Mengatur Mempersiapkan semua konsep dan catatan tentang calon pembeli, siapa saya yang akan menjadi target pasar atau pembeli kita harus dapat terukur dan teridentifikasi
3. Menempatkan bisnis di pasar, adalah proses pemasaran atau penyalurang barang dan jasa
4. Berurusan dengan calon pembeli, merupakan proses komunikasi dan kontak lansung dengan pembeli
5. Menerima menawarkan, atau adanya order
6. Negosiasi - Harga, Persyaratan, dan Kondisi
7. Menerima tawaran, sama saja dengan kelanjutan negosiasi harga
8. Menyediakan semua konsep yang diperlukan dan catatan untuk pembeli
9. Bekerja dengan pembeli untuk menghapus semua kemungkinan kontrak, yang pada gilirannya mampu menekan biaya produksi
10. Menandatangani pernyataan penutup (1 ~ 3 hari sebelum tanggal penutupan di escrow itu)
11. Malam sebelum tanggal penutupan
12. Tanggal penutupan
No comments:
Post a Comment