Tuesday 8 November 2011

SIAPA SAJA, BOLEH MENJADI WIRAUSAHA


Entrepreneur ( Wirausaha) adalah lowongan bagi siapa saja. Tidak ada syarat khusus seperti tinggi badan dan wajah harus ganteng, juga tidak mensyaratkan pendidikan formal tertentu. Siapa yang memiliki sikap, semangat  dan perilaku kewirausahaan, berarti telah memiliki jalur yang tepat menuju sukses. Semakin lambat anda memilikinya, berarti semakin banyak anda kehilangan kemungkinan untuk sukses. Ini menunjukan bahwa semakin banyak dan cepat anda memiliki karakteristik kewirausahaan, berarti semakin tinggi pula kemungkinan berhasil dalam bisnis.  Jadi , milikilah segera Karakteristik wirausaha.

Menjadi entrepreneur adalah pilihan, bukan masalah bakat atau turunan, seseorang yang berwawasan entrepreneurship, tidak harus jadi entrepreneur (pengusaha) tapi dapat menjadi Intrapreneur (karyawan perusahan/organisasi). Entrepreneurship bukan sekedar pengetahuan, teknik dan ketrampilan, tetapi lebih pada masalah sikap mental melalui proses diri dari praktek dan pengalaman karena dorongan sendiri. Menjadi entrepreneur atau intrapreneur tidak dapat disuruh atau dicetak, kecuali melalui kesadaran, keinginan, panggilan hidup, hasrat dan motivasi kuat disertai belajar, berfikir dan kerja keras dengan segala resiko.

Seorang Wirausaha bukan penjudi yang hanya mengandalkan spekulasi, nasib dan keberuntungan melainkan seorang yang penuh perhitungan matang dan siap menanggung resiko moderat.
Selama ini ada kecendrungan semangat Entrepreneur terhambat oleh adanya presepsi yang keliru tentang pribadi Entrepreneur, misalnya  Entrepreneur “dilahirkan” bukan  “ diciptakan “, harus menciptakan suatu “penemuan” lebih dahulu, membutuhkan “keberuntungan”, membutuhkan modal yang besar dan potensi kegagalan yang tinggi dan bahkan ada pemikiran entrepreneur adalah penjudi. Sesungguhnya tidaklah demikian, sebab realitas entrepreneur adalah :

1.       Entrepreneur bisa diciptakan
2.       Entrepreneur harus gesit dari hulu sampai hilir
3.       Entrepreneur ‘Will organized individual’
4.       Entrepreneur membutuhkan optimism, antusiasme dan percaya diri
5.       Entrepreneur tidak tergantung keberuntungan

Teman! Menjadi seorang entrepreneur adalah realitas hidup yang harus dijalani guna mencapai sukses yang besar. Jangan berfikir bahwa semua ini akan dilewati dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, seperti membalik telapak tangan, tetapi melalui suatu penggodokan mental dan kepribadian yang tiada hentinya.

No comments:

Post a Comment